Mengenali 18 Istilah Akuntansi dan Penjelasannya Dalam Bisnis | Hubster

Ada banyak istilah akuntansi yang perlu diketahui dan mungkin bagi sebagian orang mungkin tidak terlalu penting. Namun, bagi seseorang yang bekerja di dunia keuangan, Anda perlu memahami istilah-istilah tersebut.

Memahami beberapa kata juga sangat penting jika Anda ingin bekerja di bidang administrasi. Nah, berikut beberapa istilah akuntasi yang perlu Anda ketahui.

  1. Piutang Usaha

Piutang usaha didefinisikan sebagai jumlah piutang yang harus dibayar oleh pelanggan. Tanggungan ini perlu dibayar karena mereka telah menggunakan barang atau jasa yang sebelumnya telah digunakan.

Istilah akuntansi ini perlu dipahami karena kebanyakan orang salah paham apa itu piutang dan hutang.

  1. Hutang

Selain piutang, ada juga hutang yang memiliki arti sejumlah tanggungan yang harus dibayarkan perusahaan kepada kreditur. Hal ini karena perusahaan telah meminta jasa atau aset para kreditur.

Dimana utang diadakan untuk jangka waktu tertentu oleh kedua belah pihak. Oleh karena itu, ada kesepakatan resmi bahwa akan ada denda jika terjadi keterlambatan pembayaran.

  1. Aset

Istilah akuntansi selanjutnya adalah aset. Dalam dunia manajemen, aset dibedakan menjadi dua jenis yaitu aset tetap dan aset lancar.

Aset lancar adalah aset yang akan dikonversi atau diubah menjadi uang tunai dalam jangka waktu 1 tahun atau setelah jangka waktu tertentu. Aset tetap adalah aset jangka panjang yang menghasilkan imbal hasil yang lebih tinggi dalam jangka waktu lebih dari 1 tahun, contohnya adalah tanah.

  1. Neraca

Neraca dapat diartikan sebagai rekening tahunan perusahaan untuk jangka waktu tertentu. Isi dari neraca itu sendiri sangat beragam dan dapat dibagi menjadi beberapa kategori tergantung pada tingkat dan jenisnya.

Misalnya, ada neraca bisnis di mana semua aset atau harga yang berkaitan dengan kewajiban (piutang) perusahaan dicatat pada ekuitas pemilik perusahaan.

  1. Modal

Istilah akuntansi selanjutnya adalah modal. Ini adalah kata-kata yang sering terdengar.

Definisi itu sendiri mencakup semua aset keuangan yang dimiliki oleh perusahaan, seperti: uang tunai ke barang.

  1. Arus Kas

Arus kas adalah setiap aktivitas keuangan yang dapat berupa pendapatan atau pengeluaran yang diharapkan akan dihasilkan oleh aktivitas bisnis, misal penjualan, persewaan, dan sebagainya.

  1. Harga Pokok Penjualan

Harga pokok penjualan adalah biaya pengeluaran langsung dari bisnis. Pengeluaran biasanya terkait dengan operasi bisnis.

Oleh karena itu, rumus perhitungannya berbeda-beda tergantung dari apa yang diproduksi perusahaan. Contohnya adalah perhitungan harga, harga pokok penjualan bahan baku, tenaga kerja dan operasi produktif lainnya.

  1. Kredit

Kredit, menurut definisi, memiliki arti entri akuntansi yang dapat mengurangi aset perusahaan. Dimana biaya atau kewajiban membayar juga akan meningkat.

Perlu diketahui bahwa dalam istilah akuntansi ini memiliki beberapa jenis transaksi. Dalam hal double entry, Anda akan bertemu kredit dan debet.

  1. Kebangkrutan

Kebangkrutan adalah suatu keadaan atau kondisi dimana perusahaan tidak dapat lagi memenuhi kewajiban keuangannya. Dampak terburuk dari kebangkrutan adalah bubarnya organisasi bisnis, tetapi Anda tetap harus memenuhi kewajiban pembayaran Anda terlebih dahulu.

  1. Laba atas Investasi

Return of Investment atau laba atas investasi adalah ukuran yang digunakan untuk melihat persentase keuntungan. Untuk menghitungnya, gunakan rumus Laba Bersih Dibagi biaya investasi.