Binance coin (BNB) adalah sebuah aset crypto yang telah diterbitkan oleh Binance Exchange dan telah diperdagangan dengan simbol BNB. Koin BNB ini  adalah token yang berjenis ERC-20 dimana telah berjalan di atas blockchain Ethereum. Selain itu, BNB ini juga telah memiliki total persedian sebanyak 200 juta token BNB. Sedangkan Binance exchange sendiri merupakan sebuah bursa crypto nomor satu jika kita lihat dari volume transaksi dan juga dari jumlah pengguna aktif.

Pada masa awal pengembangannya, koin BNB ini diperuntukkan hanya untuk mendukung operasional exchange mereka. Hal ini disebabkan karena BNB telah memiliki banyak utilitas yang meliputi pembayaran untuk biaya perdagangan, biaya pertukaran, biaya pencatatan, serta biaya-biaya lainnya yang terdapat di bursa Binance.

Dikutip dari Investopedia, pada tahun pertama peluncurannya, Binance atau BNB telah memberikan potongan harga sebesar 50% bagi trader yang melakukan perdagangan lewat BNB, dan pemberian potongan harga tersebut akan terus berkurang hingga lima tahun ke depan yaitu dimulai sejak  tahun 2017 hingga 2022 nanti, yaitu dari 50%, 25%, 12,5%, 6,25, dan jika sudah memasuki tahun kelima potongan tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Kepopuleran Binance coin atau BNB ini bukan hanya disebabkan oleh potongan harga yang diberikan untuk para trader jika melakukan perdagangan dengan koin ini di bursa Binance. Namun, BNB ini juga dapat digunakan untuk berinvestasi di ICO yang terdaftar lewat Launchpad Binance Cryptocurrency dimana nantinya akan listing di bursa Binance.

Selain itu, koin BNB semakin hari semakink diminati karena koin BNB ini sudah bekerja sama dengan berbagai platform, seperti layanan jual beli cryptocurrency, streaming video, pembayaran, dan juga aplikasi seluler lain. Koin BNB juga dapat kita dapatkan lewat aplikasi jual beli cryptocurrency Pintu.

Untuk mempertahankan nilainya untuk tetap kompetitif, Binance atau BNB melakukan proses pembakaran setiap empat bulan sekali. Binance akan membeli token yang sudah beredar di pasaran yaitu sebesar 50%. Misal total persedian BNB sebanyak 200 juta, berarti Binance akan membeli kembali 50% tokennya tersebut yaitu berkisar sebesar 100 juta token BNB.

Pembelian kembali token BNB ini berasal dari 20% keuntungan yang diperoleh oleh Binance. Dengan perhitungan 100 juta token BNB yang direncanakan dibeli oleh Binance secara bertahap akan dibakar dan dihancurkan.

Pada pertengahan bulan April tahun 2018, Binance telah mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan pembakaran sebanyak 2.220.314 token BNB yaitu sekitar $30 juta.  Tujuan dari pembakaran ini yaitu untuk menekan laju inflasi. Nilai BNB akan meningkat jika suplai berkurang dan demand yang stabil atau justru terus bertambah. Penghancuran atau pembakaran token BNB yang meningkat sesuai dengan rencana yang dijadwalkan menunjukkan profitabilitas bursa Binance.

Harga Binance Coin atau BNB saat ini BNB to IDR adalah Rp 3,810,933.88 dengan marketcap Rp 589,408.17 B. Harga BNB to IDR -2.42% down dalam 24 jam terakhir.

Selanjutnya kita membahas tentang Ripple atau XRP. XRP adalah sebuah aset digital yang telah dibuat untuk pembayaran. XRP ini adalah aset digital asli di Buku Besar XRP yaitu sebuah teknologi open source, tanpa perlu perizinan, dan teknologi blockchain terdesentralisasi yang dapat menyelesaikan transaksi dalam waktu 3-5 detik. Ripple atau XRP dapat dikirim langsung tanpa memerlukan perantara pusat serta dapat menjadikannya instrumen yang nyaman dalam menjembatani dua mata uang berbeda dengan cepat serta efisien.

Tingkat konversi untuk XRP to IDR hari ini adalah Rp 6.435,53. XRP to IDR saat ini terjadi peredaran suplai sebesar 45,8 Miliar koin dan total volume pertukaran yaitu sebesar Rp36.419.242.115.893

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *