Semenjak mewabahnya pandemi Covid-19, pemerintah memberlakukan aturan untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Hal ini tentu menghambat masyarakat dalam melengkapi kebutuhan dapurnya. Tapi tak usah khawatir, kini sudah tersedia platform belanja sayur dan buah online. Tinggal pilih mana yang dibutuhkan lalu diantar sampai rumah. Simak tips belanja berikut.

Agar Tidak Boros Saat Belanja Online

1. Buat Daftar Belanja

Kemudahan yang ditawarkan aplikasi belanja online terkadang membuat pembeli gelap mata. Banyak rupa produk yang ditawarkan sehingga ada saja yang menarik hati. Alhasil tanpa sadar asal memasukkan barang ke keranjang. Oleh sebab itu, sebaiknya catat dulu apa saja yang dibutuhkan sebelum berbelanja. Mengantisipasi untuk beli barang tanpa tahu kebutuhannya.

Hal ini juga berlaku ketika membeli sayur atau buah melalui platform online. Terutama jika belanja dalam jumlah banyak tanpa planning sebelumnya. Akibatnya stok menumpuk jika tidak segera dimakan takutnya cepat membusuk. Agar nilai gizi buah tetap terjaga, pastikan membuat daftar belanja terlebih dahulu. Sehingga pencarian barang bisa lebih cepat.

2. Pilih Aplikasi Terpercaya

Sebelum berbelanja online, sebaiknya cari tahu dulu mana platform terbaik. Pastikan toko tersebut menyediakan para penjual yang aman dan terpercaya. Anda bisa mengecek reputasi toko melalui komentar para konsumen atau rating yang didapatkan. Temukan review positif dari pembeli lain, jadi bisa dipastikan kalau toko menjual barang terbaik.

3. Cek Ketersediaan di Katalog

Biasanya di katalog terdapat keterangan berapa jumlah stok yang tersedia. Dari situ anda dapat mengecek sesuai tidaknya jumlah stok dengan kebutuhan. Jika dirasa cukup jangan lupa baca keterangan produk, berat, kondisi, hingga jenisnya. Hal ini untuk memastikan agar barang yang datang nantinya sesuai ekspektasi anda.

4. Punya Pelayanan Cepat

Karena buah tidak bisa bertahan lama di udara bebas, maka pengemasannya harus rapi dan rapat. Apabila kemasan berantakan takutnya membusuk di jalan karena terkontaminasi udara kotor. Selain itu, pastikan pelayanan yang dimiliki cekatan dalam menangani pengiriman. Sehingga barang tiba di rumah dalam kondisi baik dan siap dikonsumsi.

5. Hindari Belanja Saat Jam Sibuk

Fasilitas belanja online memudahkan anda untuk check out barang kapanpun dan dimanapun. Jadi anda tidak perlu repot pergi ke pasar atau supermarket bila tak punya waktu senggang. Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan gizi anggota keluarga dan memilih bahan-bahan terbaik.

Untuk memilih kualitas terbaik pastikan anda berselancar dalam platform ketika jam santai. Hal ini guna menghindari terburu-buru check out, tanpa membaca deskripsi produknya dulu. Di samping itu anda bisa lebih teliti memlih produk, mulai dari tingkat kesegaran buah hingga keterangan gizi.

6. Cek Dulu Stok Belanja Kemarin

Saat belanja buah melalui online tiba di rumah, anda perlu segera menyimpannya dengan baik. Semakin cepat disimpan tentu buah bisa awet dan tahan lama. Jangan sampai menumpuk dan tidak segera diolah sebab membuatnya cepat busuk. Itulah mengapa perlu cek stok dulu sebelum belanja lagi.

7. Beli Sesuai Kebutuhan

Untuk menghindari pemborosan, anda bisa membeli buah sesuai kebutuhan saja. Misalnya biasa mengonsumsi apel dua hari sekali, maka beli apel sama dengan jumlah yang dibutuhkan. Sehingga tidak akan merasa percuma bila stok terlalu berlimpah.

Bagi anda yang mencari platform belanja buah dan sayur terbaik, disarankan mengunjungi situs TaniHub. E-commerce ini menghubungkan para petani dengan pembeli, dimana kondisi produknya selalu baru dan siap dikirim. Pelayanannya sendiri terbilang cepat terutama daerah Jabodetabek, Bandung, Surabaya-Malang, Yogyakarta, dan Bali.