Cetak buku umumnya membutuhkan biaya yang cukup mahal. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi diantaranya, ukuran, jenis, dan jumlah buku yang dicetak. Untuk itu, diperlukan cara efektif menekan biaya cetak buku seperti berikut ini.

1. Cara efektif menekan biaya cetak buku menggunakan kertas ukuran standar

Setiap penulis memiliki standarisasi sendiri terkait buku yang akan ia buat nantinya. Mencetak buku dengan ukuran standar seperti A4 dan A5, membutuhkan biaya cetak masing-masing Rp.200 dan Rp.100 per lembar.

Penulis yang memilih untuk membuat buku dengan ukuran yang berbeda dari standar, biaya dibutuhkan cenderung mahal. Semakin besar ukuran buku, maka biaya percetakan pun akan semakin meningkat, begitupun sebaliknya.

2. Menggunakan tinta hitam

Tak menutup kemungkinan, keberadaan tulisan warna-warni pada buku cenderung menarik perhatian pembaca. Akan tetapi, tulisan yang berwarna-warni akan meningkatkan biaya percetakan. Untuk itu, tulisan sebaiknya berwarna hitam.

Jika buku yang akan dicetak berupa buku bacaan maupun novel sebaiknya menggunakan warna hitam saja. Adapun hal yang dapat dilakukan agar buku tersebut tetap menarik adalah kualitas isi dan desain yang bagus.

3. Mencetak dalam jumlah banyak

Setiap percetakan biasanya akan memasang harga diskon jika pelanggan mencetak dalam jumlah tertentu. Nah, cara efektif menekan biaya cetak buku yaitu dengan tidak mencetak satu tetapi dalam jumlah yang cukup banyak sekaligus.

Untuk contoh kertas A4, jika biaya cetak 1-10 buku sebesar Rp30.000, maka biaya cetak borongan akan lebih murah dari harga tersebut. Berbeda 11-20 buku hanya 29.000/ekspemplar, 21-30 hanya 28.000, dan sebagainya.

4. Memilih percetakan yang terpercaya

Meskipun harga murah akan memberikan keuntungan berlebih, akan tetapi kualitas jauh lebih menjanjikan keuntungan. Buku yang bagus akan dicintai para pembaca jika dicetak dengan kualitas yang bagus pula.

Penulis sebaiknya selektif saat memilih tempat percetakan yang akan digunakan. Cari informasi baik dari teman, kerabat, bahkan sosial media terkait percetakan yang bagus. Lakukan pengecekan ke lokasi secara langsung jika memungkinkan.

Akan tetapi jika tempat percetakan tergolong jauh, maka baca penilaian pelanggan-pelanggan sebelumnya di website. Selain itu, penulis juga dapat menggunakan cara efektif menekan biaya cetak buku dengan mengecek di cetak novel.