Salah satu cara untuk menggaet lebih banyak wisatawan mengunjungi 5 destinasi wisata super prioritas tanah air adalah melalui storynomics tourism. Storynomics adalah strategi pendekatan pariwisata yang mengedepankan konten kreatif, narasi, living culture dan juga kekuatan budaya suatu spot wisata.

Kenal Lebih Dekat Destinasi Wisata Super Prioritas Melalui Storynomics

1. Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah surganya komodo, salah satu dari 7 keajaiban dunia. Komodo dipanggil dengan nama Orah hasil pernikahan Putri Naga dengan pemuda bernama Moja.

Orah mempunyai rupa yang mirip kadal sehingga diasingkan ke dalam hutan. Saudaranya Gerong yang tidak mengenal Orah kemudian membunuh kadal besar ini saat di hutan.

2. Danau Toba

Hampir semua anak-anak bahkan orang dewasa tentu setidaknya pernah satu kali mendengar cerita rakyat Danau Toba. Danau Toba merupakan salah satu destinasi super prioritas yang diunggulkan pemerintah. Sebagai salah satu danau terbesar nomor 2 dunia, Danau Toba masuk ke dalam wisata geopark dunia.

Kisah terbentuknya Danau Toba sangat erat kaitannya dengan legenda rakyat setempat antara seorang pemuda bernama Toba dan seekor ikan mas. Toba adalah pemuda yatim piatu yang bekerja sebagai petani dan memancing ikan di sungai.

Suatu hari, Toba mendapat ikan mas besar yang cantik dari sungai. Uniknya, ikan mas tersebut tiba-tiba berubah menjadi seorang wanita yang sangat cantik. Jatuh hati melihat kecantikan wanita tersebut, Toba pun menikahi wanita tersebut hingga dikaruniai seorang anak lelaki bernama Samosir.

Putri cantik tersebut memberi syarat kepada Toba agar merahasiakan identitasnya sebagai ikan atau kalau dilanggar maka akan terjadi bencana besar. Suatu hari, Samosir dimintai tolong oleh ibunya untuk mengantarkan makanan kepada ayahnya di ladang.

Namun, karena merasa kelaparan, Samosir justru memakan bekal tersebut saat di perjalanan. Mengetahui bekalnya telah dimakan sang anak, Toba menjadi marah hingga menghardik anaknya sebagai anak ikan. Sontak hujan deras pun turun tanpa henti selama berhari-hari hingga menenggelamkan perkampungan itu.

Akhirnya genangan air luas tersebut kemudian dinamai sebagai Danau Toba sementara pulau kecil di tengahnya dinamai Pulau Samosir.

3. Candi Borobudur

Keindahan destinasi wisata super prioritas selanjutnya yang menyimpan cerita menarik adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur yang terletak di Jawa Tengah ini sudah ada sejak tahun 750 Masehi. Candi ini mempunyai panel relief sebanyak 2.672 yang membentang sepanjang 4 kilometer.

Candi Borobudur sendiri sudah dinobatkan sebagai Warisan Budaya Dunia pada tahun 1991 oleh UNESCO. Terlepas dari kemegahannya yang tidak perlu diragukan lagi, ternyata ada makna mendalam dari bangunan Candi Borobudur yang harus kamu ketahui.

Bangunan Candi Borobudur ibarat sebuah gunung yang akan menghubungkan antara surge dan dunia berdasarkan kosmologi Buddhis. Bangunan “gunung” ini dikelilingi oleh sungai besar, laut dan barisan pegunungan.

4. Likupang

Likupang di Sulawesi Utara juga menyimpan cerita yang menarik. Daerah ini dipercaya sebagai tempat sembilan bidadari surga turun untuk mandi. Bidara tersebut mandi di telaga petani Mamanua. Petani itu kemudian menahan salah satu bidadari dan menikahinya hingga mempunyai anak Walangsendau.

Karena kesalahan Mamanua, bidadari tersebut memutuskan kembali ke kahyangan. Ia berpesan agar membawa sang anak melintasi hutan, gunung dan sungai jika menangis. Di situlah petani menemukan potongan surga di dunia yakni Likupang.

5. Mandalika

Kamu pasti sudah tidak asing mendengar nama sirkuit Mandalika yang memang ditargetkan menjadi sirkuit dunia untuk penyelenggaraan perlombaan motor racing tahun 2022. Sirkuit ini dibangun di sebuah spot wisata alam andalan baru Indonesia yakni Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

Mandalika tidak hanya menyimpan keindahan alam namun juga tradisi lokal unik yakni Bau Nyale yang diadakan bulan Februari sampai Maret. Tradisi ini didasarkan kepada legenda rakyat setempat yakni Putri Mandalika yang sangat cantik hingga membuat banyak pria bangsawan ingin menikahinya.

Putri Mandalika yang bingung kemudian bertapa dan mengundang semua pangeran tersebut untuk berkumpul di Pantai Seger. Putri Mandalika memutuskan untuk menceburkan diri ke laut demi menjaga kedamaian pulau.

Cerita-cerita rakyat yang menarik tersebut diharapkan akan membuat para wisatawan lebih tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata super prioritas. Storynomics dari 5 destinasi super prioritas di Indonesia akan menambah keunikan spot wisata.