Memberikan makanan padat pada bayi bisa menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi orang tua karena tidak sedikit bayi atau anak-anak yang menutup mulut dan menolak makan. Al hasil, banyak orang tua yang bingung karena mereka menolak makan karena menutup mulut. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orang tua mengetahui bagaimana cara meningkatkan nafsu makan bayi. Dengan nafsu makan yang tinggi maka bukan tidak mungkin anak bisa berkembang cukup baik. Ditambah semakin bayi besar maka mereka juga akan semakin sering untuk mengkonsumsi makanan padat dan disitulah tantangannya.

Hal penting yang perlu anda ketahui berkaitan dengan nafsu makan anak adala karena nafsu tersebut pada dasarnya ada kaitannya dengan hormon ghrelin dan leptin. Tidak sedikit pula anak-anak memilih makanan karena sebenarnya mereka tidak ingin makan. Hormon ghrelin biasanya mampu meningkatkan nafsu makan sedangkan hormon leptin memiliki fungsi untuk menurunkan nafsu makan dan juga menghambat rasa lapar sehingga anak-anak tidak akan merasakan lapar meskipun tidak makan. Secara alamiah hormon ghrelin sendiri akan dilepaskan diperut yang kemudian memberikan sinyal lapar pada otak. Dengan demikian, orang tua bisa memperkirakan asupan kalori anak agar tidak kurang dari kebutuhannya.

Ketahui asupan gizi anak

Sebelum kita melangkah jauh bagaimana kita bisa meningkatkan asupan makanan pada anak maka penting bagi kita untuk memperkirakan asupan kalori anak. Hal ini penting agar anak tidak kekurangan asupan kalori dari kebutuhannya. Kebutuhan kalori anak sendiri pada dasarnya berbeda-beda tiap anak perharinya. Akan tetapi, rata-rata anak usia 2-3 tahun akan membutuhkan kira kira 1.000 kalori per hari. Sedangkan anak usia 4-8 tahun mereka akan membutuhkan kalori sebanyak 1.200 – 1.800 kalori per hari dan anak usia 9-13 tahun membutuhkan 1.600 hingga 2.200 kalori perhari. Dengan mengetahui itu semua maka anda sebagai orang tua tentu harus memberikan asupan gizi sesuai kebutuhan sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak bisa lebih baik.

Tips mudah meningkatkan nafsu makan bayi dan anak-anak

Selain pengaruh hormon pada peningkatan nafsu makan, turunnya nafsu makan juga disebabkan karena sebab-sebab lainnya. Diantaranya yaitu stres, tegang, efek samping obat, rasa dan tampilan makanan yang tidak menarik atau adanya kondisi medis tertentu. Oleh karena itu, dengan mengetahui kondisi tersebut maka anda bisa  mengambil cara terbaik untuk menaikkan nafsu makan anak. Berikut ini ada beberapa  cara mudah agar anak-anak bisa lebih semangat untuk makan.

  1. Buatlah tampilan makanan yang menarik

Tips awal untuk membuat anak lebih tertarik untuk makan adalah dengan membuat makanan yang memiliki tampilan menarik. Sajian makanan yang warna-warni akan menarik mata sehingga yang diharapkan bisa membuat waktu makan menyenangkan. Dengan kata lain, anda bisa mencoba untuk mengkombinasikan bermacam-macam sayur dengan warna yang berbeda dan menyajikannya bersama sumber karbohidrat, protein, dan lemak, dalam porsi makan yang seimbang. Hal ini tentu saja bisa sangat mendukung kecukupan nutrisi pada anak.

  1. Tidak memaksa anak makan

Selanjutnya, kita juga tidak boleh memaksakan kehendak anak untuk makan. Hal ini sering dilakukan oleh orang tua yang memaksa anaknya makan karena akan khawatir dengan pertumbuhan/ perkembangannya. Padahal hal itu adalah tindakan yang salah karena anak atau bayi biasanya memerlukan suasana yang rileks dan juga nyaman ketika ia hendak makan. Tindakan orang tua yang memaksa bayi makan juga bisa membuat ketegangan saat waktu makan tiba. Hal ini akan memberikan dampak jangka panjang dimana bayi akan menjadi sensitif terhadap rasa lapar.

  1. Berikan variasi makanan

Memberikan variasi makanan pada anak sangat dianjurkan karena bayi atau anak juga seperti orang dewasa yang mana akan merasa bosan ketika ia mengkonsumsi makanan yang berulang-ulang. Oleh karena itu, mencoba dengan memberikan variasi makanan yang beragam dengan perlengkapan makan yang menarik agar bayi menjadi lebih tertarik dengan makanannya. Selain itu, bayi juga memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap makanan sehingga ia akan jauh lebih mudah untuk mengkonsumsi makanan yang baru ia lihat atau rasakan. Cara ini cukup ampuh untuk mempermudah anda untuk menemukan makanan favorit si kecil.

  1. Godalah dengan aroma makanan

Tips selanjutnya meningkatkan nafsu makan bayi adalah dengan menggodanya dengan aroma makanan yang anda masak. Aroma makanan yang menyenangkan dan menggoda akan membuat bayi atau anak penasaran. Disini, anda bisa menyajikan makanan hangat yang baru selesai dimasak atau menghangatkan makanan sebelum disajikan.  Dengan menggoda anak maka bukan hal yang mustahil bagi mereka untuk mengkonsumsi makanan yang hendak anda sajikan kepada mereka.

  1. Bagi makanan ke dalam porsi kecil

Membagi makanan ke dalam porsi yang lebih kecil bisa menjadi salah satu pilihan tepat bagi anda karena satu piring penuh dengan makanan bisa menurunkan nafsu makan. Dengan menyiasati membaginya menjadi porsi yang lebih kecil untuk disajikan beberapa kali. Selain itu, porsi kecil untuk disajikan beberapa kali. Selain itu, porsi makan yang kecil juga akan lebih mudah untuk disiapkan.

  1. Ciptakan kreasi makanan baru nan unik

Hal lain yang bisa anda lakukan untuk menambah nafsu makan anak adalah dengan menciptakan kreasi makanan unik dan baru. Hal ini penting karena bisa membuat si kecil tidak bosan dan mungkin tidak menolak untuk makan. Dengan menciptakan aneka makanan dengan kreasi unik dan beragam maka anak akan selalu menikmati makanan mereka. Selain itu, hal ini juga tidak hanya akan menumbuhkan rasa penasarannya untuk mencoba makanan baru akan tetapi juga akan melengkapi asupan nutrisi yang didapatkan si kecil.

  1. Perhatikan jadwal makanan bayi

Jadwal makanan bayi memang penting untuk diperhatikan. Menurut beberapa ahli gizi biasanya anak-anak akan membutuhkan makan setidaknya 3 sampai 4 jam sekali. Jadwal makan ini tidak harus selalu diisi dengan makanan berat karena anda bisa memberikan makanan ringan atau buah agar perut bayi tidak kosong. Dengan jadwal makan yang teratur maka perut bayi akan tersistem agar merasa lapar pada jam-jam tertentu dan nafsu makan bayi bisa bertambah.

  1. Batasilah minuman saat makan dan libatkan anak saat menyiapkan makanan

Adapun langkah terakhir untuk meningkatkan konsumsi makanan pada anak adalah dengan membatasi minuman saat makan. Membatasi minuman saat makan memang penting karena volume perut akan berkurang. Jika saat makan anda banyak minum maka volume perut bertambah sehingga makanan yang masuk bisa sedikit. Oleh karena itu, jika anak minta minum berilah sedikit minum saja. Selain itu, anda juga bisa mengajak anak untuk menyiapkan makanan mereka sendiri. dengan menyiapkan makanan sendiri maka bukan tidak mungkin jika mereka lebih antusias untuk mengkonsumsi makanan yang mereka hidangkan.

Itulah beberapa langkah yang bisa meningkatkan nafsu makan bayi. Dengan memperhatikan kondisi bayi tentu mereka pun akan semangat untuk mengkonsumsi makanan yang mereka inginkan setiap harinya.

Deskripsi: meningkatkan nafsu makan bayi bisa dilakukan dengan beberapa cara sehingga anda tidak perlu khawatir saat anak anda memiliki nafsu kurang makan.