Saya pernah melihat program TV di National Geographic dan Discovery Channel yang disponsori oleh menteri pariwisata negara tertentu. Saya pikir menteri pariwisata Indonesia harus mencoba mempromosikan dengan cara ini, dapat menjangkau khalayak global. Misalnya film Bear Grylls tracking di hutan hujan Sulawesi atau Papua Barat, itu akan menjadi promosi yang bagus (Kunkun Sobirin).

  1. Buat video pendek tentang tempat wisata atau tempat indah di negara Anda dan bagikan di YouTube, google+, Twitter, Facebook, dan watsapp.
  2. Tulis blog tentang sejarah, budaya, makanan, dan lanskap negara Anda.
  3. Buat video tentang berbagai perjalanan sehari Anda, perjalanan akhir pekan ke tujuan di negara Anda dengan petunjuk arah untuk bepergian dan menginap.
  4. Promosikan semua hal di atas dengan iklan berbayar.
  5. Semua yang terbaik! Beri tahu saya jika Anda memiliki pertanyaan tertentu (Dhayanithi R)

Pertama dan terpenting, keamanan bagi pengunjung. Tamu harus diperlakukan dengan sopan dan hormat oleh pihak berwenang baik lokal maupun pemerintah. Selama orang yang bertemu dengan turis menunjukkan rasa hormat, mereka juga akan dihormati oleh turis. Jangan bertindak patuh atau kurang penting dari pengunjung. Buat orang merasa nyaman di sekitar Anda. Dalam semua keadilan kita adalah sama, jadi perlakukan tamu seperti Anda diharapkan diperlakukan oleh seorang teman. Ini sesederhana itu. (Klaus Ritter)

Mempromosikan pariwisata adalah proyek multi-faceted, berkelanjutan di mana semua bagian dari pemerintah, bisnis swasta dan penduduk memiliki peran aktif.

Berikut beberapa aspek :

  1. Ajarkan bahasa asing sejak kecil. Populasi multibahasa sangat membantu dalam menyambut wisatawan dari seluruh dunia dan membuat wisatawan merasa lebih aman dan nyaman.
  2. Mendidik penduduk (di sekolah, di media) tentang pentingnya pariwisata bagi perekonomian negara. Setiap warga negara harus melihat diri mereka sebagai duta negara, menunjukkan kebaikan dan sambutan hangat kepada wisatawan.
  3. Buat dan pelihara infrastruktur modern, yang bisa berarti banyak hal. Listrik yang andal, air bersih, jalan beraspal, sarana transportasi modern dan nyaman, keuangan (kartu kredit, ATM), Wi-Fi dan jaringan seluler, dll.
  4. maskapai penerbangan untuk membuka rute ke negara itu, dengan subsidi pemerintah. Maskapai biasanya tidak akan terbang ke tujuan kecuali ada permintaan, atau kecuali ada semacam subsidi pemerintah untuk mengoperasikan rute sambil menciptakan permintaan.
  5. Tentukan, untuk tujuan pemasaran dan branding, apa daya tarik wisata utama di negara ini: Alam, agama, seni, kuliner, hiking, pantai, sejarah, dll. Kemudian, buat kampanye pemasaran khusus untuk masing-masing pasar tertentu.
  6. Tentukan daerah di negara ini sebagai “kawasan pariwisata”, dan minta orang-orang yang bertanggung jawab untuk mempromosikan pariwisata dan mengelola infrastruktur di dalam wilayah tersebut
  7. Sebagai bagian dari kampanye pemasaran yang tercantum dalam 5 dan 6 di atas, buat situs web dan aplikasi pariwisata nasional yang interaktif, mudah digunakan, multibahasa, di mana calon wisatawan dapat belajar tentang destinasi, mendapatkan informasi, dan merencanakan kunjungan mereka ke negara tersebut (Ophir Ben-Yitschak)

Nikmati berbagai layanan wisata menarik dari Tour Medan yang merupakan platform digital layanan wisata satu pintu spesialis Sumatera Utara Indonesia. Salah satu yang paling unggul adalah program Sewa Bus Pariwisata Medan dan juga layanan Tour Danau Toba.