Rumah adalah sebuah hunian yang diperuntukan untuk menghabiskan waktu setelah seharian beraktivitas di luar rumah. Sebuah rumah terdiri dari bagian-bagian yang saling melengkapi.

Berikut ini penjelasan mengenai bagian-bagian tersebut beserta barang-barang atau perabotan yang ada di dalam ruangan. Tidak lupa mengenai kegunaan dari ruangan tersebut.

1. Teras Rumah

Teras terletak di depan sebuah rumah. Teras terkadang digunakan untuk tempat menyambut tamu. Teras rumah biasanya tidak terlalu luas. Tidak banyak perabot maupun barang yang ada di teras rumah. Biasanya hanya ada dua buah kursi dan sebuah meja kecil. Bagi penghuni yang suka tanaman biasanya meletakkan koleksi tanamannya pada baguan teras rumah.

2. Ruang Tamu

Setelah membuka pintu utama, tamu atau orang luar akan langsung masuk ke dalam ruang tamu. Ruangan ini memang kegunaan utamanya adalah tempat untuk menyambut orang luar maupun tamu.

Dalam penataan ruang tamu sebuah rumah minimalis biasanya dekat dengan bagian dapur. Tujuannya adalah memudahkan penghuni rumah untuk memberikan suguhan minuman maupun makanan.

Di ruang tamu pasti ada sofa atau beberapa kursi untuk tempat duduk tamu. Dan juga ada sebuah meja sebagai tempat suguhan untuk melayani tamu.

3. Ruang Keluarga

Ruang keluarga memang bukanlah bagian utama dari sebuah rumah. Ruang keluarga digunakan untuk berkumpul dan bercengkrama.

Di dalam ruangan ini terdapat sebuah sofa dan meja. Beberapa ornamen seperti foto juga biasanya terpampang di dinding-dinding ruang keluarga.

4. Kamar Tidur

Bagian ini adalah bagian yang paling utama dari sebuah rumah. Mengingat bahwa rumah merupakan tempat beristirahat dan melepas lelah. Di dalam sebuah kamar tidur biasanya terdapat kasur, meja kecil, dan lemari pakaian.

5. Dapur

Selain kamar tidur, dapur tidak bisa dipisahkan dari rumah. Tempat dimana penghuni memasak makanan maupun menyiapkan minuman. Tidak heran jika menemukan peralatan memasak dan alat makan berada di dapur.

Bagi yang suka memasak, dapur adalah tempat paling disukai di antara bagian rumah lainnya. Dalam perkembangannya, dapur masa kini dibuat dengan desain yang tidak begitu luas. Bagi yang belum punya dapur impian, segera lakukan renovasi dapur agar semakin semangat untuk mengasah kemampuan masak Anda.

6. Ruang Makan

Untuk kegunaan dari ruang makan sebenarnya bisa juga dilakukan di dapur maupun ruang keluarga. Ruang makan diperuntukan untuk tempat makan bersama-sama. Biasanya terdapat sebuah meja besar dan beberapa kursi di ruangan ini. Terkadang orang-orang menceritakan aktivitas seharian yang telah dialami sambil makan bersama.

7. Kamar Mandi

Kamar mandi juga tidak dapat dipisahkan dari sebuah rumah. Sesuai dengan namanya, kamar mandi diperuntukan untuk tempat membersihkan diri. Selain mandi, aktivitas lain seperti buang air kecil, air besar, serta mencuci baju juga dilakukan di dalam kamar mandi.
Di dalam kamar mandi sederhana terdapat sebuah bak mandi dan kloset. Di beberapa rumah mewah, kamar mandi juga menyediakan sebuah bathup.

Pada umumnya kamar mandi terletak di bagian belakang dari rumah. Namun kamar mandi juga sering ditemukan dibangun di dalam kamar tidur. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para penghuni ketika sekedar ingin buang air kecil.

8. Garasi

Garasi diperuntukan untuk tempat menyimpan kendaraan baik sepeda, sepeda motor, maupun mobil.

9. Gudang

Ruangan ini diperuntukan untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan. Gudang biasanya terletak di bagian paling belakang dari rumah.

Umumnya sebuah rumah memiliki bagian utama berupa ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, dan dapur. Sedangkan untuk bagian-bagian lainnya hanya sebagai pelengkap.