Zaman sekarang sudah banyak masyarakat Indonesia yang memilih melakukan kredit untuk meminang kendaraan yang di dambakan. Salah satunya adalah mobil impian mereka. Salah satu alasannya adalah biasanya karena budget yang dimiliki untuk mendapatkan mobil impian mereka masih kurang dan kadang juga ada orang yang lebih memilih untuk mengajukan kredit padahal punya uang namun lebih baik uang digunakan untuk kebutuhan yang lain atau untuk tambahan modal usaha. Namun ketika Anda akan mengajukan kredit mobil di bank misalnya, Anda harus paham dan tahu tentang simulasi kredit mobil.

Biasanya orang lebih memilih dan tahu jika kredit mobil hanya bisa dilakukan lewat dealer saja. Padahal ternyata bank juga merupakan salah satu perusahaan pembiayaan yang juga punya layanan untuk digunakan sebagai perantara kredit mobil. Salah satunya adalah bank BCA yang punya berbagai macam keunggulan salah satu angsuran ringan dan bunga rendah. Meskipun memang dalam hal ini masih ada beberapa orang yang kurang begitu percaya dan yakin dengan pihak bank dan pada akhirnya mereka memilih untuk langsung mengajukan kredit langsung pada dealer atau showroom mobil yang mereka inginkan.

Berbicara seputar masalah pengajuan kredit mobil di bank tentu juga ada beberapa persyaratan dan beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan supaya kredit yang Anda ajukan nanti bisa diterima. Namun untuk selanjutnya, Anda juga harus paham tentang bagaimana simulasi kredit mobil di bank yang menjadi tujuan Anda supaya nanti Anda juga tahu besarnya uang yang harus Anda keluarkan dan bayarkan sebagai bentuk cicilan setiap bulannya. Namun ternyata tidak semua pengajuan kredit yang dilakukan itu diterima oleh pihak bank. Ternyata ada beberapa alasan yang cukup kuat kenapa bank menolak dan tidak setuju dengan kredit yang Anda ajukan. Kira-kira apa saja alasannya? Berikut ini penjelasannya:

1. Nama terkena blacklist BI

BI yang berkedudukan sebagai salah satu lembaga yang melakukan pengawasan terhadap transaksi keuangan nasional punya sistem pendataan otomatis yang mana nanti ketika Anda punya dan memanfaatkan fasilitas kredit bank dan lembaga keuangan yang lain maka nama Anda akan tercantum. Jadi sebelum Anda mengajukan kredit mobil di bank, pastikan terlebih dahulu jika nama Anda tidak ada atau tidak punya cicilan kredit secara personal yang bermasalah atau punya tunggakan. dan biasanya yang paling utama adalah kartu kredit. Jika nama Anda masih punya urusan punya kredit yang masih belum lunas, maka nama Anda masuk dalam pantauan BI dan juga ada yang masuk dalam BI checking atau bisa juga di blacklist.

2. Penghasilan tidak mencukupi

Bahwa bank tidak akan memberikan dan menyetujui kredit yang Anda ajukan jika Anda punya penghasilan yang masih kurang atau di bawah rata-rata. Karena nantinya pihak bank juga akan melakukan analisa keuangan Anda dan menentukan apakah pendapatan Anda itu sudah layak untuk mengajukan kredit pinjaman untuk mobil yang Anda inginkan.

Di atas adalah beberapa hal dan alasan yang biasanya menjadi salah satu penyebab kenapa pengajuan kredit mobil Anda ditolak oleh pihak bank. Jadi memang sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit mobil di bank pastikan nama Anda bersih dari berbagai macam tunggakan pinjaman atau mungkin punya cicilan kartu kredit yang belum lunas. Dan satu lagi Anda sebelum mengajukan kredit mobil di bank juga harus paham dengan simulasi kredit mobil  supaya nanti tidak ada masalah atau kendala ke depannya yang berkaitan dengan finansial Anda.