Selama beberapa tahun terakhir ini teknologi memegang peranan penting dalam kegiatan manusia, termasuk diantaranya adalah dalam hal ini bisnis. Semakin jarang pelaku usaha yang menjual produknya secara langsung, kebanyakan diantaranya sudah berbasis online, termasuk juga dengan kegiatan pemasaran yang dilakukan, rata-rata telah berbasis online, salah satunya adalah dengan menerapkan teknik digital marketing atau pemasaran dengan menggunakan internet. Bahkan semakin banyak SDM yang mengikuti program sertifikasi digital marketing agar kemampuannya lebih diakui.

Memang bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya belakangan ini profesi sebagai seorang digital marketer memang lebih banyak dilirik, apalagi dengan salary yang cukup tinggi, membuat banyak orang tertarik untuk terjun atau menekuni bidang tersebut. Bahkan di Indonesia sendiri jika dilihat banyak pelaku usaha muda yang juga belajar tentang ilmu tersebut, tujuannya tak lain adalah untuk mencoba mendongkrak sendiri penjualan produk yang mereka tawarkan, agar bisa lebih optimal.

Setiap orang memang bisa belajar ilmu digital marketing ini, namun tentu tidak semuanya akan langsung menjadi ahlinya bukan. Inilah kemudian dilakukan program sertifikasi digital marketing ini, jika Anda memang mengaku sudah mampu atau telah ahli, maka jangan ragu untuk mengikuti program sertifikasi tersebut. Patut untuk diketahui bahwa sebenarnya sertifikasi ini sendiri memiliki begitu banyak kegunaan, diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan rasa percaya diri, khususnya Anda yang merasa punya skill di bidang digital marketing, mungkin akan dianggap sama saja dengan yang lain, orang-orang yang punya keahlian di bidang tersebut. Namun jika sudah tersertifikasi, tentunya kualitasnya akan tampak lebih dibandingkan dengan yang belum tersertifikasi bukan. Hal ini secara otomatis pastinya membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri yang dimiliki bukan, sehingga dapat bersaing dengan yang lainnya, rasa percaya diri ini juga akan membantu agar nantinya bisa semakin produktif ketika bekerja.

  1. Digunakan untuk mengukur kemampuan masing-masing karyawan, di dalam sebuah perusahaan kegiatan sertifikasi ini memang umum dilakukan secara rutin, menjadi salah satu kegiatan tahunan. Dari hasil tes tersebut nantinya juga akan diketahui sejauh mana kemampuan dari karyawan. Melihat karyawan yang paling potensial, punya kemampuan lebih yang nantinya bisa terus digenjot sehingga bisa mendapatkan promosi atau menempati posisi yang lebih tinggi dalam perusahaan.

  1. Mempermudah perusahaan untuk menyaring calon karyawan baru, kebanyakan perusahaan besar yang tengah mencari karyawan, khususnya sebagai calon digital marketer ini memang menerapkan beberapa syarat, termasuk diantaranya adalah karyawan tersebut hendaknya sudah lulus dari sertifikasi, karena bagaimanapun ketika mereka telah tersertifikasi artinya kemampuannya juga telah diakui. Mereka lebih mengenal bidang kerja tersebut tanpa terlalu banyak diajari, mereka akan membuktikan keahliannya sesuai dengan standard yang ada.

  1. Membantu meningkatkan produktivitas kerja, dengan adanya sertifikasi ini maka seseorang tersebut memang layak atau memiliki kemampuan di bidang marketing dan telah dibuktikan, sehingga hal ini akan berguna untuk membuat produktivitas kerja semakin meningkat. Pengetahuannya jadi semakin luas, bisa bekerja sesuai dengan standard yang berlaku dan resiko juga lebih minim, karena memang sudah pasti kemampuan mereka.

  1. Meningkatkan kepercayaan klien, bagi perusahaan sendiri ketika memiliki banyak SDM yang sudah tersertifikasi hal ini juga akan memberikan nilai plus bagi mereka. Apalagi sebenarnya klient-klient besar sendiri juga tidak akan sembarangan mempercayakan projectnya, mereka hanya akan mempercayakan sebuah project besar kepada perusahaan yang kompeten, diantaranya dengan punya SDM yang telah tersertifikasi. Hal ini tentunya jauh lebih meyakinkan dibandingkan dengan mereka mempercayakan sebuah project kepada perusahaan lain yang masih belum jelas kualitasnya bukan. Sehingga hal tersebut nantinya akan membantu perusahaan agar bisa terus berkembang serta mendapatkan keuntungan pastinya.

Namun pastikan program sertifikasi digital marketing yang Anda pilih juga dari lembaga yang tepat atau tidak sembarangan, karena banyak juga diantaranya yang merupakan lembaga abal-abal atau kurang terpercaya. Sangat disayangkan jika sudah lulus sertifikasi namun tidak diakui oleh yang lain. Percayakan saja kepada Prasmul-ELI. Termasuk dalam lembaga sertifikasi dan juga pelatihan berpengalaman yang ada di Indonesia, dengan pengalaman sudah lebih dari 30 tahun.